Bumiayu

Ket.gambar: Masjid Agung Baiturrahim Bumiayu

Ket.gambar: Stasiun Bumiayu

Ket.gambar: Sore hari disekitar kota Bumiayu

Sekilas Tentang Bumiayu

Bumiayu adalah sebuah nama kecamatan diwilayah kabupaten Brebes bagian selatan yang terletak ditengah-tengah antara kota Tegal dan Puwokerto, Bumiayu merupakan wilayah pegunungan yang berbukit-bukit karena lokasinya yang berada di kaki gunung slamet sehingga dibeberapa tempat diwilayah Bumiayu masih memiliki hawa yang sejuk dan udara yang segar.

Lokasi wisata didaerah Bumiayu diantaranya pemandian air panas Buaran, pemandian air panas Pakujati di Paguyangan, wisata kebun teh, telaga ranjeng, dan goa jepang di Kaligua serta waduk penjalin di Patuguran, sedangkan obyek wisata lainnya yang dekat dengan wilayah Bumiayu adalah obyek wisata Guci Tegal dan Baturraden di Purwokerto.

Wisata kuliner yang makyus diBumiayu, karena khas Bumiayu mungkin orang dengernya aneh tapi memang itulah keadaannya seperti mendoan tempe/dage, cimplung (rebusan ubi/singkong/kelapa muda di air nira kelapa pada saat pembuatan gula merah), sogol, opak petis, ondol, kempong, ketan pencok, kupat tahu dan kerupuk rambak. Sedangkan untuk buah-buahan ada durian centre di Kaligadung.

Pada Tahun 2003 Pemerintah kabupaten Brebes telah membangun jalan lingkar Bumiayu sepanjang + 6.5 km yang membentang dari Kaligadung sampai Pagojengan untuk mengurangi kepadatan kendaraan dipusat kota bumiayu, sehingga jalur Tegal – Purwokerto dan sebaliknya bisa dialihkan dan tidak memasuki kota Bumiayu.

Sampai dengan sa’at ini sedang dibangun terminal Bumiayu yang terletak di jalur lingkar Bumiayu tersebut karena terminal lama sudah tidak bisa menampung pertambahan armada angkutan serta untuk mengatasi kemacetan di pertigaan yang terletak di depan terminal lama.

Letak Kota Bumiyu dilihat dari Peta Wikimapia >>    Klik Disini

Dilihat dari Google map:


Facebook
Twitter
More...

Responses

  1. waaaaaaahhh…. aku maen dunk…..

    kali-kali ke negara sampean bang…..

  2. baguuuuuuuuuuuuuuuuus banget men. nyong wong bumiayu asli. tulung informasine uptodate. oke ?

  3. InsyaAllah, lg nggolet ide karo informasine.

  4. yakin fotone lucumen sung, kuwe anake sampeyan apa?

  5. bumiayu deneng ra maju2 cih??warnete ya ra apik2…nyebeli banget lhoo…sbge wong bumiayu q protes…

  6. cariin ketan pencok dung

  7. Uma skrg ada dmn? kalo sedang ada di Bumiayu, Uma bisa cari ketan pencok dideket Telkom tepatnya depan bank BCA Bumiayu.

  8. ajiiiiibbbb…… dening nembe weruh kyeh yanu….kayane tah nt adi kelase yanu ya lut? nt demen sapa c? cah SMA 1?…ora kesampean ya?…wakakakakak….teruskan perjuanganmu lut…. wis nduwe buntut ra sah mikiri wadon liya maning….tetap beriman ISLAM… coz ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, ntut muni mbahayani..eh…tut wuri handayani…..

  9. Kok macet nya ga sekalian di ekspos bro? Padahal setau gw bumiayu terkenal karena macetnya? Mulai depan polsek mpe dpn mesjid agung bukannya kayak neraka? Sory bro gw mang lom pernah tamasya ke neraka tp kira2lah….spt itu adanya! Btw g pa2lah sing penting isih ana baso jenggot ya?

    jalan2 beli pangsit,main nang blog ku ndisit rah
    nyong ge nduwe blog koh dudu koe tok

  10. Asalamualaikum,
    bagi aq kota bumiayu itu kota yg sngt indah,karena disitulah saya dilahirkan dan dibesarkan.

  11. waduuuuuhhh………waduhhhhhhhhhhhhhh…wonk bumiayu.aq nembe ngerti kie….. membuatku kangen loch karo kota kelahiranku.

  12. Dadi kepengin balik kye luth.. pancen bumiayu jan ngangeni temenan

  13. wuihhhhhhhhhhhh dadi kangen nyong kro paguyangannnnnnnn pengin balik kiyeeee

  14. Oh…cah bumiayu…..raine ayu….. senenge gemuyu lan kemayu……….dadi pengin ketemu…. karo kota bumiayu. et tempat wisatane tambahi curug putri, curug awu ning sirampog salam cah manggis ning bogor

  15. Bumiayuemang elok bagaikan Kerajaan

  16. i mizz u bumiayu,,,

  17. aq bangga jd rang bumiayu

  18. Assalamualikum

    Apa kabare …?
    btw sampean bumiayune ndi ?

  19. I MISS UBUMIAYUKU…!!!

  20. MASJID AGUNGE SIKI WIS GANTI PINTU GERBANG..

  21. halo wong bmy p kbre??? maju terus dunia musik wong bumiayu cayooooo……..?

  22. allhamdulilah bumiayu semakin oke,aku asline kalijurang 2,tapi rasa memiliki bumiayu tetep kental,semoga jaya selalu semoga jadi kabupaten terlaksana.

  23. wah bagus juga yah ternyata tak kira gak mpe sebagus itu loh????????????????

  24. ass, bumiayu, smoga terlaksana menjadi sebuah kabupaten, amin. Aku asli wong bumiayu/ kedawung kulon.

  25. bumiayu adalah kampung halaman q jadi q sangat mencintai bumiayu dengan sepenuh hati q

  26. kayane kari bumiayu otonomi daerah insyaAllah maju ora nyantol bae karo brebes kere…….
    aq nesih kemutan bae karo mendoane paijin,,,, maknyessssssssssss…….

  27. wah….. jadi pengen ke bumiayu lagi ………!!!!!

  28. Aku erli asli langkap gembol kidul,batir2 SMU MUHI bumiayu angkatan 2001 siki pada ning ngendi ya,kapan reunian,siki aku olih bojo wong pasir kulon,karang lewas,purwokerto,banyumas,jawa tengah (jan lengkap men rhah) call ya 083863445502 mbakan ana info apa keg,sari pen dolan ya mene,tapi di jamin ora nyediani opak petis,,,,hehehe

  29. bumiayu kota mendoan dage sing dage manis,, pokoke mantepppppppppp….
    cmn saiki sapise wasrune pensiun, dagene langka sing enak,, tpi bumiayu tetp okeeeeeeee,,,,,, love you bumiayuuuuuu…. kota enyong,,,,,
    ana siji maning obyek wisata nang bumiayu, sing urung terdengar diwisatawan,, yaitu jembatan kali keruh, alias jembatan terpanjang dikecamatan sirampog, cmn saiki wis amregggggg,,,,,,
    bwt pemerintah kabubaten, kapan mau dibenerin, sl’a itu akses utama org plompongggggg,,,,,,,,
    bch kedung benter sing nyekel kali keruh,, haaaaaaaa
    bumiayu akn menjadi kota wisata diakhir zamannnnn… haaaaaa

  30. wong petgurane langka kie………………

  31. pengin kupat tahu…ana ora sing dagang?

  32. Assalamualaikum wr wb
    lutfy apa kabar?kayaknya makin makmur aja neh..
    ngeliat blogmu jadi kangen dg bumiayu, sirampog dan benda
    masih dijakartakah?
    salam buat temen2 dan keluargamu jika lutfi sempat ketemu dg mereka

    keep your blog updated,bro
    blog2 sperti ini yang sedikit menghapus rindu tanah air
    dan mengingatkan bahwa aku dan anak cucuku adalah orang indonesia..orang bumiayu..orang sirampog

    moga bisa silaturahmi saat mudik (entah kapan)

    arifin fi sydney

  33. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Alhamdulillah kabar baik, Gimana kabar mas Rifin bersama keluarga nun jauh negeri orang, Semoga sehat dan selalu drahmati Allah SWT, InsyaAllah mengko tek sampekna salame angger ketemu batir-batir. Matursuwun wis berkunjung tapi njaluk maaf bloge ora update terus kiye.

  34. Dalan bumiayu pada bodol,,,, kapan janen di dandani,ora nyaman kyeh,nganggo motor sering kejeglong,mana motor matic HUHHHH!!!!!,Dalan sig di hotmix deneng mung times anjog kosambi tok,kaeh ngisor wit asem anjog talok pada bodol,gagian lah di dandani,nig windu aji anjog kranggan pada bolong,wis kaya kwe bolonge jero,jan ckckckckc !!!!!

  35. DI PENAKE JON BUMIAYU TA BY SANDI KARANG GEMPOOL

  36. Bumiayu udarane panas karo ngebul men jan dalane pada bodol,di dandani rah,rasa2ne aku tiap KIR Utawa pajeg ya selalu tepat,oiya calon bupatine,mbokan rika ya peduli,jan aku milih sapa bae sing peduli n perhatian karo jalan raya wates krangan tekan karangsawah

  37. asssalamualaikum…….primen payyy kabaree kon.wis duwe calon baby durung kye.primen kabare jangan kulit mlinjo.nasih pada doyan ora.ya.liburan maring ndi brooooo.

  38. aku kelahiran tegal….tpi aq tinggal dibumiayu 20tahunan…
    bumiayu……..i’m going home

  39. ada yg tau cara buat kupat tahu nya bumiayu. biasanya sy beli yg di terminal dekat pasar bumiayu muantab banget rasanya. tolong resep nya ya ….

  40. lagi,googling eh nemu blog ini jadi kengen sama bumiayu….dibumiayu mekanannya enak,,klo dijogja manis semua,,,I love Bumiayu..

  41. Bumiayu pancen siiiiiiiiiip lah….ora ana tandingane,
    Bumiayu emang tempat paling adem – ayem, Bumiayu tempat cocok untuk riuni Bumiayu pokok’e mantap tur asiiiiiiiik deh…Bumiayu makanan nya enak2, apa lg mendoan tempe + dage wah…maknyussss,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: